Kamis, 12 Mei 2016

DEFINISI DAN PENGERTIAN TENTANG BIO TEKNOLOGI,TEKNOLOGI MAJU,NANO TEKNOLOGI,TEKNOLOGI ADAPTIF,TEKNOLOGI PROTEKTIF







Nama : MUHAMMAD NASIR RIDHONI
Nim :14612014786
Fakultas: EKONOMI
Mata Kuliah: ILMU ALAMIAH DASAR







tentang:
-Bio teknologi
-Teknoligi maju
-Nano teknologi
-Teknologi adeptif
-Teknologi Propektif
Beberapa Pengertian tentang Bioteknologi
 
Definisi Bioteknologi
 Bioteknologi merupakan suatu penggunaan biokimia, mikrobiologi, serta rekayasa genetikasecara terpadu, yang berfungsi untuk menghasilkan barang atau lainnya bagi kepentinganmanusia. Bull (1982) melalui OECD
(Organisation for Economic Cooperation and  Development)
mendefinisikan pengertian bioteknologi sebagai upaya penerapan prinsip ilmiahserta rekayasa pengolahan bahan oleh agen biologi untuk menyediakan suatu barang dan jasa.
C
iri Utama Bioteknologi
 1. Adanya agen biologi berupa mikroorganisme, tumbuhan atau hewan.
2. Adanya pendayagunaan secara teknologi dan industri.
3. Produk yang dihasilkan adalah hasil ekstraksi dan pemurnian.

  1. Menurut Bull et al. (1982), bioteknologi merupakan penerapan asas-asas sains (ilmu pengetahuan alam) dan rekayasa (teknologi) untuk pengolahan suatu bahan dengan melibatkan aktivitas jasad hidup untuk menghasilkan barang dan/atau jasa. 
  2. Menurut Primrose (1987), bioteknologi merupakan eksploitasi komersial organisme hidup atau komponennya seperti: sel, enzim. 
  3. Menurut OECD (1982), Bioteknologi merupakan penerapan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan dan kerekayasaan untuk penanganan dan pengolahan bahan dengan bantuan agen biologis untuk menghasilkan bahan dan jasa. 
  4. Menurut OTA-US (1982), Bioteknologi adalah teknik pendayagunaan organisme hidup atau bagian organisme untuk membuat atau memodivikasi suatu produk dan meningkatkan/memperbaiki sifat tanaman atau hewan atau mengembangkan mikroorganisme untuk penggunaan khusus. 
Beberapa Pengertian tentang Teknologi Maju
Teknologi Maju
Adalah teknologi yang memiliki tingkat kerumitan dan kecangihan lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi biasa. Contoh : Satelit, radar, nuklir pesawat ruang angkasa.
  1. Pengetian Teknologi menurut Djoyohadikusumo (1994, 222) berkaitan erat dengan sains (science) dan perekayasaan (engineering).
  2. Sardar (1987, 161) Pengertian teknologi adalah sarana yang pada akhirnya mencetak suatu peradaban, dia merupakan ungkapan fisik dari pandangan dunianya
  3. Berikut adalah pengertian atau makna Teknologi, menurut Capra (2004, 106) seperti makna ‘sains’, telah mengalami perubahan sepanjang sejarah.
  4. Tidak ketinggalan seorang Ahli sosiologi yang bernama Manuel Castells seperti dikutip Capra (2004, 107) mendefinisikan atau memberi pengertian teknologi sebagai ‘kumpulan alat, aturan dan prosedur yang merupakan penerapan pengetahuan ilmiah terhadap suatu pekerjaan tertentu dalam cara yang memungkinkan pengulangan.
  5. Ini pengertian yang tidak kalah dengan yang lain. Definisi atau Pengertian Teknologi Menurut Poerbahawadja Harahap, yaitu ada dua sebagai berikut : 1) Ilmu yang menyelidiki cara- cara kerja di dalam tehnik. 2) Ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik- pabrik dan industri- industri.
  6. Pengertian Teknologi menurut situs Wikipedia sebagai sebuah situs yang banyak dijadikan referensi orang, maka tidak salah jika saya menganggap Wikipedia adalah bagian dari para Ahli , berikut informasi Pengertian Teknologi menurut Wikipedia adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
  7. Lalu yang terakhir menurut Miarso (2007 : 62). Teknologi adalah proses yang meningkatkan nilai tambah, proses tersebut menggunakan atau menghasilkan suatu produk , produk yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada, dan karena itu menjadi bagian integral dari suatu sistem
Munculnya teknologi disebabkan karena manusia berupaya melaksanakan matapencaharian hidupnya, mengorganisasi masyarakatnya, mengekspresikan rasa keindahan dalam memproduksi hasil-hasil keseniannya.


Teknologi bermula dari hal-hal yang sederhana, menciptakan sesuatu untuk mengatasi persoalan yang ada pada kehidupan sehari-hari misalnya pembuatan makanan,,pembuatan pakaian , pembuatan rumah, pembuatan jalan. Teknologi kemudian berkembang kepada hal-hal yang lebih rumit dan komplek. Dengan demikian diperlukan tingkat teknologi yang lebih tinggi.
Beberapa Pengertian tentang Nano Teknologi
1.      nanoteknologi atau nanosains adalah ilmu pengetahuan dan teknologi pada skala nanometer, atau sepermilyar meter. Nano teknologi merupakan  suatau teknologi yang dihasilkan dari pemanfaatan sifat-sifat molekul atau struktur atom apabila berukuran  nanometer. Jadi apabila molekul atau struktur dapat dibuat dalam ukuran nanometer maka akan dihasilakan sifat-sifat baru yang luar biasa. Sifat-sifat baru inilah yang dimanfaatkan untuk keperluan teknologi, sehingga teknologi ini disebut nano teknologi.
2.      Nanoteknologi adalah manipulasi materi pada skala atomik dan skala molekular. Diameter atom berkisar antara 62 pikometer (atom Helium) sampai 520 pikometer (atom Cesium), sedangkan kombinasi dari beberapa atom membentuk molekul dengan kisaran ukuran nano. Deskripsi awal dari nanoteknologi mengacu pada tujuan penggunaan teknologi untuk memanipulasi atom dan molekul untuk membuat produk berskala makro.[1][2] Deskripsi yang lebih umum adalah manipulasi materi dengan ukuran maksimum 100 nanometer.
3.      Nanoteknologi adalah ilmu pengetahuan dan teknologi pada skala nanometer atau sepermilyar meter.
Nanoteknologi juga merupakan suatu teknologi yang dihasilkan dari pemanfaatan sifat-sifat molekul atau struktur atom apabila berukuran nanometer.
Jadi apabila molekul atau strukur dapat dibuat dalam ukuran nanometer maka akan menghasilkan sifat-sifat baru. Sifat-sifat baru ini yang dimanfaatkan untuk keperluan teknologi, sehingga teknologi ini disebut dengan nanoeknologi.
Nanoteknologi mengambil contoh dari alam, seperti pada bakteri, komputer DNA, penyimpanan data nano dan sebagainya. Dalam penyimpanan data nano ini, nanoteknologi sebagai penyimpanan data dimana walaupun dengan ukuran yang sangat kecil ternyata nanoteknologi memiliki ruang penyimpanan data atau informasi yang cukup berlimpah.

Beberapa Pengertian tentang Teknologi Adaptif

1.Teknologi adaptif  adalah teknologi yang dapat menyesuaikan kebutuhan manusia 2.teknologi adaptif (adaptive technology) adalah teknologi yang bersumber pada penelitian dan pengembangan di negara maju, harus digarap dan disesuaikan dengan perkembangan masyarakat
3. Teknologi adaptif, (teknologi madya), adalah perkembangan dari suatu teknologi suatu negara maju yang penggunaannya masih harus disesuaikan dengan kondisi lingkungan negara yang memerlukan.
       Beberapa Pengertian tentang Teknologi Protektif
1.Teknologi Protektif Adalah teknologi yang mampu melindungi manusia. Contoh senapan mesin untuk pertahanan diri.
2.   teknologi protektif (protective technology), yaitu teknologi yang dipersiapkan untuk memelihara, melindungi, dan mengamankan ekologi serta lingkungan hidup bagi masa depan.
3. Teknologi protektif, adalah teknologi yang digunakan untuk melindungi (konservasi, restorasi dan regenerasi) segenap sumber daya alam yang ada
Pada mulanya, antara ilmu pengetahuan dan teknologi itu tidak selalu ada kaitannya, maksudnya suatu pengetahuan tidak harus menjadi ilmu terlebih dahulu. Contohnya pada zaman dahulu orang membuat perahu dengan metode coba-coba, dengan kata lain orang sudah membuat perahu untuk memenuhi kebutuhannya sebelum ada “ilmu” membuat perahu. Sekarang
ilmu dan teknologi tidak lagi berdiri sendiri. Sains dan teknologi selalu saling menunjang sehingga dapat maju dengan pesat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar